Berenang, Tidak Sekedar Bermain Air


Bermain Air, merupakan kegiatan yang menyenangkan untuk anak-anak. banyak kegiatan bermain air yang menyenangkan, seperti saat mandi, berendam di kolam plastik, bermain air pancuran, sampai berenang.

Untuk aktivitas terakhir tentu memiliki banyak manfaat. seperti berolah raga aerobik, dengan berenang seluruh tubuh bergerak, kelompok otot-otot besar akan difungsikan maksimal seperti otot perut, otot lengan, pinggul, pantat dan paha. melakukan olah raga ini di tempat dan kualitas air yang memenuhi syarat kesehatan dan keamanan, akan membuat fisik kita lebih sehat. Hal ini terjadi karena paru-paru sehat, sendi lebih lentur terutama di bagian leher, bahu dan pinggul, sebab semua bagian-bagian tubuh tersebut digerakkan.

Sebaiknya perkenalkan renang sejak usia dini pada anak-anak agar mereka menyukai karena sifatnya yang seperti “main air” sekaligus menyehatkan. Untuk mengawali belajar berenang, sebaiknya orang tua memperkenalkan si kecil lebih dulu dengan bermain di bak kamar mandi atau kolam plastik.

Supaya si kecil tidak kedinginan, sebaiknya air dalam kolam tidak terlalu dingin, tetapi suhu yang hangat. Lewat kolam renang kecil, akan membantu buah hati anda untuk merasakan sensasi air yang merendam tubuhnya, sebelum ia ia diperkenalkan dengan kolam renang sungguhan.

Kemudian, jika anak anda sudah diajak ke kolam berenang, sebaiknya kegiatan ini dilakukan sebulan sekali. Mulailah dengan mengajaknya bermain di pinggir kolam. Ajak si buah hati untuk menepuk-nepuk air, dan membangun suasana bermain di dalam air. Jika terkena cipratan air kolam, biarkan saja agar ia belajar untuk berani terkena air. Setelah si kecil terlihat berani, mulailah ia digendong ke tengah, sambil menepuk-nwpuk air.

Apabila kepercayaan diri anak Anda telah tumbuh, mulailah ajarkan gaya berenang secara perlahan-lahan. Sembari terus didampingi, ajarkanlah untuk mengapung telentang di dalam air. Agar badan tetap mengapung, buatlah si kecil menggerakkan kaki dan tangannya secara teratur.

Pelan-pelan tapi pasti, melalui berenang akan membangun keakraban orangtua dan si kecil, membuat badan sehat sekaligus melatih anak Anda untuk dapat berenang sedari kecil.

Sumber : Kompas, Minggu, 18 Juli 2010